04 July 2013

5 Langkah Memulai Usaha Kuliner

 photo panduan_bisnis_1_zpsfe1c0782.jpg

Bisnis kuliner merupakan varian usaha yang selalu memiliki pangsa pasar tersendiri karena setiap orang pasti butuh makan. Selain selalu memiliki pangsa pasar potensial, bisnis makanan adalah usaha yang dapat digeluti oleh siapa saja terutama ibu rumah tangga.

Berikut adalah 5 saran yang harus dilakukan untuk memulai bisnis makanan dari Stephen Hall (penulis buku From Kitchen to Market) dan Regina Mc Rae (pemilik perusahaan kuliner Grandma's Secrets).

1. Membentuk peluang
Anda harus tahu bagaimana agar produk kuliner (misalnya kue) Anda lebih baik daripada pengusaha lain. Anda harus memiliki kue yang memiliki keunikan. Anda perlu membuat ciri khas yang unik dan membekas di hati pelanggan, misalnya perlu sebuah nama lucu dan kemasan unik. Atau, menonjolkan kelebihan produk Anda, misalnya produk Anda adalah kue pertama yang benar-benar berbahan baku organik?

2. Carilah penguji rasa
“Cobalah masuki ke gerai makanan di dekat lingkungan Anda dan mintalah orang-orang mereka untuk mencicipi kue buatan Anda,” saran Hall. Jika mereka menyukainya, terbuka peluang mereka akan memesan dari Anda. Pengalaman berbeda namun mirip dengan saran Hall, McRae pernah membuat kue pie untuk klub berlarinya, hingga banyak orang kemudian memesan. Mereka juga kemudian memberitahu keluarganya, teman-temannya dan meminta brosur pada McRae.

3. Carilah pengiklan murah
Bagi McRae, Google Adwords cukup efektif untuk mempromosikan bagi produknya. Layanan ini memungkinkan untuk menargetkan sesuai wilayah yang dikehendaki untuk memasarkan produknya. Misalnya, di wilayah Indonesia saja, atau lebih luas di Negara tetangga seperti Malaysia, Philipina, dst. Selain itu, Google Adwords juga memungkinkan untuk menarget jumlah pengeluaran biaya promosi per hari yang dapat disediakan. Selain fasilitas tersebut, masih ada beberapa situs jejaring sosial yang memungkinkan berkoneksi dengan pelanggan secara gratis. Misalnya, membuka fan page di FB atau twitter sehingga rekan dan pelanggan bisa melihat postingan Anda. Sedangkan Stephen Hall menyarankan untuk menawarkan diskon atau promosi. “Ada banyak tempat yang membiarkan Anda melakukannya dan itu benar-benar mendongkrak penjualan,” saran Hall.

4. Lakukan Survai harga
Pergilah ke toko kue lokal untuk menyurvai berapa harga produk serupa di toko pesaing Anda. Atau jika Anda berani, Telepon toko kue lainnya dan bertanya bagaimana mereka menetapkan harga, saran McRae.

5. Tuliskan rencana bisnis
Dan hal terakhir yang perlu dilakukan setelah menjalani semua, tuliskan rencana bisnis Anda sebagai bagian dari pengembangan bisnis ke depan. Jika Anda bingung bagaimana menuliskannya, ikuti petunjuknya disini

Sumber literatur : O magazine


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ